Panduan 3-Langkah Terbaik untuk Membeli Radio Pemadam Kebakaran (Regulasi SOLAS) 2023

Dipost oleh Rachel Low pada

 

Beberapa tahun yang lalu, IMO mengeluarkan SOLAS Chapter II-2 regulation 10.10.4 mengharuskan semua kapal dilengkapi dengan paling tidak dua set radio Aman Intrinsik untuk komunikasi pemadam kebakaran. 

Dengan batas waktu Juli 2018 yang sudah lewat, banyak di pasar masih berusaha mematuhinya, dan kami mendapatkan banyak pertanyaan dari pelanggan kami.

Jadi, kami merasa akan berguna jika kami membuat panduan 3-langkah ini untuk memberikan penjelasan mengenai cara membeli Radio Pemadam Kebakaran.

BONUS: Kami juga telah melakukan perbandingan dari beberapa merek dan model walkie-talkie Aman Intrinsik di luar sana!

 

Langkah 1.  Standar Aman Intrinsik yang mana?

Semua radio pemadam kebakaran harus anti ledakan / Aman Intrinsik. Ada 3 tipe standar IS:
- ATEX 
- IECEx 
- TIA 

Untuk mengetahui standar IS mana yang diperlukan, cukup jawab pertanyaan sederhana: 

Apakah kapal anda memiliki bendera EU (ayo berasumsi UK masih masuk untuk sekarang...)?

Jika ya, anda memerlukan radio dengan persetujuan ATEX. 

Jika kapal anda memiliki bendera non-EU, anda bisa memilih standar IS manapun! 

Rating (IIC, IIB, IIA) yang diperlukan akan bergantung pada Grup Ledakan. (IIC adalah rating tertinggi memberikan proteksi tertinggi, diikuti dengan IIB, lalu IIA)

Langkah 2. Frekuensi Berapa?

Semua radio laut memiliki antara salah satu dari dua pita frekuensi:

- VHF (156 - 174 MHz)
- UHF (300 MHz - 3 GHz)

Pita frekuensi yang anda pilih untuk radio pemadam kebakaran baru anda harus memungkinkan pemadam kebakaran berkomunikasi satu sama lain (mis. anda harus memilih radio frekuensi UHF jika anda tahu anda memerlukan radio UHF diatas kapal untuk berkomunikasi)

Catatan: Beberapa radio laut VHF sudah diprogramkan dengan channel laut VHF standar dan tidak memerlukan pemrograman lebih lanjut. Jika tidak, anda perlu memberikan frekuensi yang digunakan oleh radio yang ada di kapal sehingga bisa diprogramkan ke frekuensi yang sama.

 

Langkah 3. Pilih Merek dan Model

Yang terakhir, kita sampai ke bagian terbaik! Berbelanja mencari merek dan model favorit anda. Ingat batasan diatas, anda bisa menggunakan grid kami dibawah ini untuk mencari merek dan model apa yang paling cocok dengan kebutuhan anda.


Bendera Standar IS Frekuensi Entel Motorola Sailor
Bendera EU ATEX IIC VHF HT944
SGD 1,110
XiR P8608
SGD 1,697
SP3540
SGD 950
UHF HT983
SGD 1,110
XiR P8608
SGD 1,697
ATEX IIB VHF
UHF SP3965
SGD 850
ATEX IIA VHF HT844
SGD 800
UHF HT882
SGD 700
Bendera Non-EU IECEx VHF HT544
SGD 410
UHF HT583
SGD 490
TIA VHF XiR P6600i
SGD 600
UHF XiR P6600i
SGD 600

 

Menurut kami, Entel menawarkan nilai untuk uang terbaik untuk mematuhi regulasi pemadam kebakaran SOLAS. Sebagai pabrik yang berada di UK, radio Entel berkualitas sangat tinggi dan harganya cukup terjangkau.

Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami.

Tentang BuyNav

BuyNav adalah toko online baru untuk Navigasi Laut dan Peralatan Komunikasi. Toko ini dikelola oleh Allied eParts, sebuah distributor elektronik laut terbaik, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri.

Kami menyediakan berbagai produk antara lain Antena Laut, Radio Laut, Monitor, Suar Akustik, Peralatan Keamanan Laut, Pengisi Baterai, Baterai, Magnetron, Grafik Perekam dan Pulpen & Aksesoris. Merek yang kami sediakan antara lain AC Antennas, Actisense, Entel, Crystal, e2v, Hattleland, JRC, McMurdo, Motorola, Novega, RM Young, Samyung, Sartech, Savox, Victron Energy dan Yuasa.

Perlu diingat bahwa analisis diatas adalah pendapat kami dan berdasarkan penelitian dan analisis kami. Pabrik belum memverifikasi analisis produk kami. 


Bagikan post ini



← Post Lama Post Baru →